My Instagram

Q&A dengan Road Safety Team dari SAFE KIDS INDONESIA tentang Berkendara dengan Anak yang Aman dan Nyaman

Halooo, sering lihat kan di keseharian kita bagaimana perilaku berkendara yang kurang aman sambil menggendong anak (pakai gendongan ataupun tidak), dan gemes ya, ingin sekali menyarankan alternatif lain, namun juga masih ragu mau menyarankan apa karena memang bukan ahlinya.. 

NAH, kali ini IBW akan mengundang Safekids Indonesia (SKI), suatu komunitas non profit yang berfokus pada isu keselamatan anak dan keluarga. Di dalam komunitas ini, terdapat Expert SKI yaitu para individu yang mendalami bidangnya yang berkaitan dengan keselamatan di dunia anak. Misi dari SKI ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat, aman, ramah, dan bebas cidera untuk anak.


IBW mengundang SKI dalam Q&A seputar berkendara dengan anak yang aman dan nyaman, terutama karena dalam waktu dekat akan banyak sekali dari kita (termasuk saya) yang akan MUDIK. Mudik merupakan budaya masyarakat Indonesia yang unik, sudah mendarah daging, dan mirisnya tidak jarang kita dengar terjadi kecelakaan dalam perjalanan dan menimbulkan korban, terutama anak-anak, akibat dari berkendara yang kurang aman.


Beberapa waktu lalu di grup Indonesian Babywearers dibuat polling tentang MODA TRANSPORTASI saat mudik, dan jawaban terbanyak adalah dengan mobil, kereta api, motor, dan pesawat. Naaaah, mari kita tanyakan kepada para ahli ini, bagaimana sih, berkendara yang aman dan nyaman berkaitan dengan moda transportasi yang kita pakai?



Welcome Note from Billy (Inisiator Safekids Indonesia) 

Selamat pagi IBW. Terima kasih telah diterima dengan baik di grup ini. Sangat menarik dan inspiratif. Kami perlu banyak belajar dan kita bisa kolaborasi.

Salam Kenal, nama saya Wahyu atau biasa dipanggil Billie. Saya inisiator dari komunitas SafeKids Indonesia (silahkan cek dan follow fp FB SafeKids Indonesia, IG @Safekidsindo).
SKI adalah komunitas parenting yang concern dan fokus pada solusi tentang keselamatan (safety) untuk anak dan keluarga.
SKI adalah komunitas parenting yang fokus mencari solusi untuk isu keselamatan (safety) anak dan keluarga.
Tujuan kami ingin membuat orangtua bisa mengidentifikasi bahaya dan mereduksi risiko, bukan malah melarang anak beraktivitas karena berbahaya.

Terima kasih undangan diskusinya. Kali ini SKI akan diwakili oleh tim road safety SKI yaitu mas Andry Berlianto dan mbak Putri Prameshwari Suryoputro.


  • Mas Andry (Jakarta) adalah instruktur dan koordinator di sebuah safety riding training provider (yang melatih GoJek), seorang rider enthusiast, dan expert safety riding.
  • Mbak Putri (Balikpapan) adalah mantan jurnalis yang sering menulis utk SKI untuk topik mudik selamat, ibu yang memakaikan anak2nya carseat sejak dulu.

Ijinkan kami untuk mencoba menjawab pertanyaan2 dengan harapan ada diskusi yang konstruktif terkait tema yang akan kita bahas.

terima kasih 






Q&A dengan Road Safety Team dari SAFE KIDS INDONESIA tentang Berkendara dengan Anak yang Aman dan Nyaman :



1. Tanya : (Hana Bunda Kayyis) Bagaimana posisi membonceng 2 anak yg aman & nyaman saat berkendara dg motor?
anak pertama 3th yg 1 lagi usia 9bln

Jawab : (Andry Berlianto) Terimakasih atas pertanyaannya. Menjawab pertanyaan diatas, pastikan kaki si kecil sudah dapat menapak di foot step motor, dengan demikian kaki si kecil bisa dalam kondisi yang aman dan nyaman. Karena jika belum bisa menapak maka kaki akan rentan bergoyang dan punya potensi masuk ke ban belakang. Satu hal, secara kacamata safety sepeda motor hanya dperuntukkan untuk dua orang saja karena faktor risiko gangguan keamanan yang dapat terjadi kapan saja akibat pergerakan si kecil.

2. Tanya : (Dian Sari ) Saya suka sedih liat para org tua Indonesia yg blm punya awareness ttg carseat, banyak teman2 sy letak anak gt aja di dlm mobil tanpa pengaman apa2, bahkan ironisnya.. anak tu dibiarkan berdiri atas seat mereka.. bukannya takut ato gmn.. eh orang tuanya malah video n foto2.. bahkan ada yg sambil nggendong, sambil nyetir.. klo sy tegur.. alasannya anaknya ga mau duduk di carseat..apakah Safe Kids Indonesia punya panduan/cara2 untuk melatih anak duduk di carseat? 

kesedihan sy yg kedua adl ngliat anak2 sekolah yg naik angkot tu sukanya pd berdiri2 di depan pintu..  siapa yg seharusnya bertanggung jawab? ortu, anak ato angkotnya? Terima kasih..

Jawab : (Billie Wahyu Minarto) Halo mbak Dian Sari, terima kasih pertanyaannya. yuk kita diskusi

1. Untuk carseat, kedua pilar safety yaitu regulasi dan standarisasi memang masih parah. Tidak heran jika masih belum baik implementasinya. Mbak Dian ini contoh bagus yang peduli dengan carseat.
kami ada metode yang disebut Kenyang, Senang, Tenang. nanti akan kami share pic nya.

2. hehehe..ini pemandangan sehari-hari ya. semua pihak harus bertanggung jawab dari orangtua, guru, pihak berwajib dan termasuk supir angkotnya



Dan masih banyak pertanyaan lainnya bisa dilihat disini : https://www.facebook.com/groups/IndonesianBabywearers/permalink/1713172792309283/





Gabung forum diskusi Indonesian Babywearers Indonesia 
https://www.facebook.com/groups/IndonesianBabywearers


Tidak ada komentar